Skip to main content

Apakah Business Process Improvement ?


        Business process improvement (BPI) adalah serangkaian disiplin pendekatan dan alat-alat yang digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Seperti namanya, BPI (juga disebut Bisnis Proses Manajemen, atau BPM) berfokus pada perubahan proses bisnis untuk meningkatkan efektivitas kerja mereka.


Dalam organisasi yang menggunakan BPI:

• Manajer dan karyawan tahu proses bisnis mereka dan menangkap mereka dalam peta proses, prosedur manual, atau "cara melakukan sesuatu" yang telah disepakati.

• Manajer melacak kinerja dari proses dalam bentuk metrik yang dapat menilai kualitas input dan output atau mengukur efektivitas kegiatan.

• Secara sistematis Manajemen puncak berinvestasi dalam prosesnya. Dalam beberapa kasus, investasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan arus operasi-misalnya, meningkatkan efisiensi pemrosesan order. Dalam kasus lain, investasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan posisi kompetitif perusahaan-misalnya, memperkuat pengembangan produk atau proses perumusan strategi.

• Organisasi yang tidak menggunakan BPI mungkin melakukan hal-hal yang sama. Namun, penggunaan BPI biasanya sporadis, daripada cara biasa melakukan bisnis.

BPI adalah alat yang dapat digunakan pada setiap jenjang organisasi-oleh seorang manajer yang menetapkan untuk mengubah proses yang relatif sederhana di dalam departemen, atau oleh manajemen puncak yang memperkenalkan inisiatif seluruh perusahaan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi.

Comments